Cari uang di internet

Thursday, May 04, 2006

SOKRATES DAN METODE BERFILSAFATNYA

SOKRATES DAN METODE BERFILSAFATNYA

Sokrates sebanarnya belum merupakan filosof dalam artian membuat sistem karena dia memang tak pernah menulis sesuatu. Dia mengajar dengan meniru para sophis walaupun sebenarnya dia banyak menentang ajaran mereka.

Metode filsafat Sokrates terkenal dengan metode maieutis atau disebut dengan metode dialektis. Metode ini mencoba menemukan kebenaran dengan mencarinya dari diri sendiri. Dengan pertanyaan-pertanyaan yang memburu ia mencari ciri-ciri persamaan yang ada pada hal-hal yang berbeda. Dengan pertanyaan yang “memburu”, Sokrates ingin mencari ciri pokok yang sama dari hal-hal yang berbeda. Ciri pokok inilah yang pada akhirnya dipakai sebagai definisi akhir.

Dengan demikian ia berusaha mencari ciri yang umum yang dapat mendasari suatu ungkapan atau pengertian. Karena itu dalam berpikir, Sokrates berpikir dengan mengambil ciri umum. Sehingga ditemukan kebenaran yang berlaku umum dan kalau berlaku umum berarti kebenaran bukanlah suatu hal yang relatif. (Sumber: dari bahan-bahan kuliah filsafat, Armada Ryanto CM, dosen STFT Widya Sasana Malang).

No comments: